|

Kenapa Tanah Berwarna Cokelat?

Nurgonknet-Jika kita melihat hasil foto Bumi yang diambil dari luar angkasa, maka warna Bumi yang terlihat hanyalah biru di lautan dan hijau pada daratan. Padahal, jika kita melihat tanah dari jarak yang dekat, tanah akan terlihat berwarna cokelat. Lalu darimanakah warna tanah yang cokelat ini berasal?


tanah warna cokelat

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa warna tanah yang cokelat ini berasal dari tanaman hijau. Ketika tanaman akhirnya layu dan mati, daun dan bagian tanaman lainnya akan terjatuh, dan membawa karbon yang ada di dalamnya terjatuh ke atas tanah. Mikroba kecil di tanah kemudian mengurai tanaman mati tersebut dengan enzim khusus, yang melepaskan ikatan kimia dalam bahan pembentuk tanaman, memotong tanaman tersebut menjadi makanan dengan ukuran yang sesuai untuk mikroba.
 Dengan begitu, mikroba tersebut juga memproses sejumlah besar karbon yang ada dalam tanaman, bahkan menggabungkan beberapa elemen karbon ke dalam sel mereka sendiri. Namun, mikroba tidak bisa memproses semua karbon yang ada dalam tanaman tersebut. Ada sejumlah karbon yang tidak dimakan oleh mikroba dan juga terdapat karbon dalam tubuh mereka sendiri. Sehingga ketika para mikroba ini mati, karbon tersebut kemudian masuk ke dalam tanah. Dan ini terjadi terus menerus sehingga karbon terakumulasi di tanah dari waktu ke waktu.
Sisa makanan mikroba ini telah menumpuk selama ribuan tahun. Dan sisa karbon dari mikroba inilah yang membuat tanah berwarna cokelat kotor. Karena karbon menyerap hampir semua warna dalam spektrum sinar matahari, dan hanya memantulkan kembali spektrum warna cokelat.
 Meskipun begitu, tanah tidak berwarna cokelat di seluruh dunia. Beberapa gurun memiliki permukaan tanah yang berpasir putih. Tanah di Hawaii, yang kaya akan zat besi, memiliki warna kemerahan. Bahkan, saya yakin jika anda menggali sedikit tanah di halaman rumah anda, anda akan menemukan tanah dengan warna lain di bawahnya. Yang berarti, jika tidak terdapat karbon di dalam tanah, tanah dapat terlihat berwarna kuning, merah, dan abu-abu, tergantung warna mineral yang terkandung dalam tanah tersebut.

 source:http://www.berbagaihal.com/2012/07/kenapa-tanah-berwarna-cokelat.html#more

Posted by The Masnur on 05.25. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

Labels

tahukahanda